Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Pria?

By mangkoko : last updated 27 Oct 2016

Berdasarkan penelitian WHO, ternyata wanita memiliki harapan hidup (life expectacy) lebih tinggi dibanding pria. Statistik rata-rata di seluruh dunia terpaut hampir 5 tahun. Angka harapan hidup para wanita Indonesia adalah 73 tahun. Sedangkan pria Indonesia 69 tahun. Terpaut 4 tahun. Indonesia menempati ranking ke 114 dari daftar: List of Countries by Life yang dirilis WHO tahun 2015.

Happy woman, Coustesy by Pixabay.com

Wanita yang berbahagia, dan bebas stress: memiliki harapan hidup lebih lama. Coustesy of Pixabay.com

Statistik Harapan Hidup Seluruh Dunia

Usia harapan hidup (life expectacy) negara rangking pertama dunia adalah Jepang. Para wanitanya mencapai usia 87 tahun, sedang para pria Jepang hanya mencapai 80 tahun. Jadi harapan hidup masyarakat di negara Jepang terpaut 7 tahun antara wanita dan pria. *)

Artikel tentang tradisi masyarakat Jepang yang memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia silahkan baca di: Resep Rahasia Panjang Umur ala Okinawa.

Selain Jepang, ada satu negara yang menarik diamati sehubungan dengan harapan hidup penduduknya, yakni San Marino. Sebuah negara kecil mungil yang bisa dikatakan dikelilingi oleh Italia ini secara keseluruhan (overall) menempati ranking 8 dunia. Namun harapan hidup para prianya nomor satu di dunia yakni mencapai 83 tahun, lebih tinggi 3 tahun dibanding para pria Jepang. Sedangkan harapan hidup para wanitanya mencapai 84 tahun, lebih rendah 3 tahun dibanding para wanita Jepang. *)

Dengan demikian, jika dibandingkan keseluruhan wanita dan pria di seluruh dunia maka harapan hidup wanita tertinggi adalah 87 tahun (jepang) dan pria 83 tahun (San Marino). Tetap wanita lebih unggul, selisih 4 tahun dibanding pria.

Bahkan dari 194 negara di seluruh dunia yang ada dalam daftar yang dikeluarkan WHO, hampir tidak ada negara yang life expectacy wanitanya lebih rendah dibanding pria, kecuali Tonga. Negara ini menjadi pengecualian, dimana angka harapan hidup wanita lebih rendah dibanding pria, bahkan selisih 5 tahun. Tonga adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di selatan Samudera Pasifik.

Top 10: List of countries by life expectancy, WHO 2015

Top 10: List of countries by life expectancy, WHO 2015

Kenapa Wanita Lebih Panjang Umur?

Usia harapan hidup dipengaruhi oleh 3 faktor utama, yaitu: makanan, lingkungan (ekologi maupun sosial), dan stress. Dalam sebuah kelompok masyarakat yang terdiri dari pria dan wanita, secara umum bisa dikatakan mereka makan makanan yang relatif sama. Demikian pula dengan lingkungan ekologi maupun sosial yang bisa di katakan sama pula. Satu satunya faktor yang membedakan adalah stress.

Tingkat (level) stress yang dialami pria umumnya lebih tinggi dibanding yang dialami para wanita. Ini memang logis, karena dalam tradisi kehidupan masyarakat di seluruh dunia umumnya para pria adalah kepala rumah tangga yang bertanggung jawab untuk menafkahi keluarga.

Seorang pria pekerja tentu saja menerima beban fisik maupun psikis yang lebih besar dibanding seorang ibu rumah tangga. Beban-beban ini berkaitan langsung dengan level stress yang dialami pria. Sehingga sangat logis jika harapan hidup pria umumnya lebih rendah di banding wanita.

Bagi anda para pria, janganlah berkecil hati. Karena masih sangat mungkin meningkatkan usia harapan hidup dengan mengelola stress dengan baik. Menghindar dari terpaan masalah yang menimbulkan stress, hampir mustahil diperoleh selama masih aktif bekerja baik sebagai karyawan, profesional maupun sebagai pengusaha. Namun anda dapat melatih diri sendiri agar masalah demi masalah yang selalu datang, tak lagi menyebabkan timbulnya stress.

Dalam konteks mayo clinic: spiritualitas menjadi resep paling ampuh mengatasi stress. Karena pemahaman spiritualitas yang benar akan memperjelas tujuan hidup hakiki manusia. Masalah kehidupan bagaikan ombak. Sedangkan spiritualitas adalah samudera luas, yang melingkupi semua ombak yang terjadi. Tak peduli sebesar apapun ombak itu menghempas.

Pria San Marino Yang Berumur Panjang

Mendengar kata: San Marino, mungkin anda akan terbayang balapan mobil Grand Prix Formula One. Selain itu ternyata para pria disana berpeluang hampir menyamai harapan hidup para wanitanya.

Apakah penyebabnya?

San Marino adalah negara berbentuk republik tertua di dunia yang hingga kini masih bertahan. Luas wilayahnya terkecil ke 3 setelah Kota Vatikan dan Monaco. Wilayahnya berupa pegunungan, sehingga tak memiliki wilayah datar. 65% wilayahnya berupa tanah pertanian dan hutan pinus.Sisanya berupa taman, ruang publik dan bangunan.

Untuk mengidentifikasi perpedaan kehidupan sehari-hari warga pria San Marino, bisa dilihat dari geliat perekonomian di negara itu. Perekonomian di San Marino ditopang oleh sektor pariwisata, dan ekonomi kreatif berupa produk kerajinan dekoratif yang terbuat dari pasir putih.

Salah satu tujuan wisata San Marino, Coutesy of Pixabay.com

Salah satu tujuan wisata San Marino, Coutesy of Pixabay.com

Sangat mungkin, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini relatif rendah stress pagi para pria disana. Paling tidak, tak setinggi stress yang dihadapi para pria yang bekerja di sektor perdagangan dan industri non pariwisata misalnya misalnya industri manufaktur.

Contoh terdekat ada pula di negeri kita. Angka harapan hidup tertinggi di Indonesia berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dimana perekonomian DIY banyak disokong pula oleh industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Sedikit sekali industri skala besar yang ada di Yogyakarta. Sebagian besar adalah usaha menengah dan kecil (UMKM). Ada kemiripan dengan perekonomian di San Marino.

Referensi:
– *) List by the World Health Organization, Data Published in 2015, by Wikipwdia
The World’s Women 2015: Trends and Statistics
– Countries and their Cultures: San Marino
– Life Expectancy Indonesia: Jogjaprof.go.id


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.