Warna-Warni Hati

By mangkoko : last updated 05 Mar 2015

Apakah hati berwarna merah?” Bisa jadi sebagaian besar diantara anda akan menjawab “Ya”. Karena memang simbol hati (heart) yang sering kita lihat umumnya memang berwarna merah, merah tua (merah hati), sering pula berwarna merah muda atau pink. Artikel Warna-Warni Hati akan mencoba mengupas tentang hati dan interpretasi tentang warna yang sering disematkan pada organ tubuh yang melambangkan cinta kasih ini.

Hati itu liver atau jantung sih?
Kita sering rancu dalam menggunakan kata “hati”. Saat berbicara tentang organ fisik, kata “hati” diartikan sebagai liver. Misalnya sakit terkena cacing hati, artinya adalah inveksi cacing di organ liver. Atau cangkok hati atau ganti hati seperti yang dilakukan pak Dahlan Iskan, yang dicangkok atau yang diganti adalah organ liver. bukan jantung.

Sybbol dan warna hati

Sybbol dan warna hati (credit image pada pixabay.com)

Sedangkan ketika mengungkapkan sebuah perasaan, hati diterjemahkan sebagai jantung (heart). “You are always in my heart”, engkau selalu ada di hatiku, sambil meletakkan tangan di dada, pada lokasi terletaknya organ jantung. Simbol hati yang bentuknya seperti daun sirih dan kebanyakan berwarna merah sesungguhnya adalah simbol organ jantung.

Supaya tidak menambah bingung bahwa: hati itu liver atau jantung maka kita sepakati saja pada artikel ini ketika disebutkan kata “hati” maka itu diartikan sebagai heart.

Ketika terhina, kemudian merasa sakit hati, benarkah yang merasakan adalah hati?
Atau saat dipuji, sehingga hati berbunga-bunga, apakah memang hati yang merasakan kebahagiaan itu?
Erbe Sentanu, dalam bukunya: Quantum Ikhlas – The Power of Sositive Feeling, menyebutkan bahwa jantung (hati) memiliki “otak” sendiri yang artinya mempunyai intelegensia sendiri yang tidak dikendalikan oleh otak yang ada di kepala kita.

Bahkan ilmu pengetahuan berhasil mengukur bahwa kualitas elektromagnetik jantung 5000 kali lebih kuat daripada otak. Itulah sebabnya positif feeling jauh lebih hebat dibanding positive thinking. Jika positive thinking selalu menganggap segala sesuatu yang terjadi selalu memiliki nilai positif, maka positif feeling dimotori oleh cinta kasih dan keikhlasan.

Blaise Pascal, seorang filsuf dan ilmuwan yang terkenal sebagai penemu barometer dan prinsip kerja arloji menganggap bahwa: hati memiliki logika yang tidak mampu dipahami oleh akal pikiran.

Menarik pula apa yang dikatakan oleh seorang Oprah Winfrey: “Manusia dibimbing oleh kekuatan yang lebih tinggi yang lebih berupa perasaan ketimbang pikiran. Dan ketika anda memahami kekuatan perasaan itu, anda tahu pasti bahwa kekuatan itu datang dari Tuhan.”

Bunga bagai lambang hati warna pink

Bunga bagai lambang hati warna pink (cerdit image pada pixabay.com)

Warna-Warni Hati

Namun sering kita dengar pula ungkapan “hatinya putih” untuk menyebut seseorang yang berkelakuan sangat baik, suka rela membantu orang lain bahkan tanpa diminta. Ada pula ungkapan “hatinya begitu hitam” untuk memberi label seseorang yang selalu berniat jahat, dan melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji. Untuk seorang yang bijaksana, tingkah laku dan tindakan sehari-hari selalu terlihat ikhlas tanpa pamrih, sering disebut sebagai seorang yang “hatinya bening”.

Pernah dengar ungkapan warna lain tentang hati?

Jika seorang Shakerpeare bertanya, “Apa arti sebuah nama?”, mungkin anda jadi bertanya pula, “Apa arti warna hati?”

Dan benarkah hati itu berwarna merah, putih, hitam dan bening?

Secara harfiah berwarna merah jelas betul, karena organ jantung memang berwarna merah tua. Untuk warna lain, entahlah … mungkin warna-warni hati itu sekedar untuk melukiskan sebuah analogi kualitatif dari perasaan atau psikis manusia. Tujuannya untuk memudahkan memahami ekspresi emosional manusia. Bukankah memang memory dan cara berfikir manusia sesungguhnya selalu menggunakan simbol-simbol berupa warna dan gambar visual?, bukan dengan rentetan kata-kata.

Dan hati selalu dihubungkan dengan cinta kasih. Ketika seseorang putus cinta, divisualisasikan dengan lambang hati yang retak menjadi dua bagian. Ketika lagi jatuh cinta dilambangkan dengan hati yang tertancap satu anak panah. Kalau tertancap 2 anak panah, maknanya apa ya? :-(

Menggelitik apa yang dikatakan seorang comic yang baru saja nongol di TV, bahwa: cinta itu seperti pipis di kolam renang, wujudnya tidak kelihatan tetapi hangatnya terasa … he he …


Share :

One thought on “Warna-Warni Hati

  1. Andrat Travel

    Menarik sekali ulasannya dan saya menggaris bawahi kalimat yang berbunyi:”…positif feeling jauh lebih hebat dibanding positive thinking.”

    mangKoko say:
    Positif feeling, barangkali bisa disebut sebagai “khusnudhon” (prasangka baik) dalam bahasa agama.
    Trims sob, atas kunjungannya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.