Menanam Mangrove di Morosari, Cerita Tiara

By Tiara : last updated 01 Dec 2015

Kata ayahku – mangKoko: “Mangrove adalah salah satu habitat terpenting daerah pesisir pantai. Menanami mangrove adalah upaya untuk melakukan konservasi pantai yang terus terkikis oleh abrasi seperti halnya pantai Morosari yang terletak di kabupaten Demak. Hutan mangrove selain berfungsi sebagai barikade untuk mencegah abrasi, juga menjadi habitat perkembang biakan dan perlindungan biota laut“.

Laskar konservator cilik siap beraksi

Laskar Pelestari Alam Cilik siap beraksi

Teman-temanku pada foto diatas bagaikan “Laskar Pelestari Cilik” yang siap beraksi, menanami Pantai Morosari dengan mangrove untuk menahan kerusakan pantai. Kegiatan ini disebut konservasi daerah pesisir pantai. Menanam mangrove tidak harus dilakukan oleh orang dewasa lho! Kami yang masih duduk di bangku kelas 3 SD pun bisa melakukannya. Menurut ayahku: aktivitas ini selain bernilai ekologis sekaligus menjadi media belajar yang sangat menyenangkan. Kami bisa mengenal alam secara langsung. Memahami tempat hidup alami tumbuhan dan hewan yang hidup di pantai untuk turut menjaga kelestariannya.

Persiapan stek (bibit) mangrove

Persiapan stek (bibit) mangrove

Awalnya kami harus mempersiapkan stek batang-batang mangrove yang akan dijadikan bibit untuk ditanam. Stek mangrove diikat pada ajir bambu agar bisa ditancapkan lebih dalam di dasar pantai sehingga tidak mudah roboh saat terhempas ombak.

Brifing dulu sebelum tanam

Brifing dulu sebelum tanam

Sebelum terjun masuk ke air untuk menanam, pembimbing kami memberikan pengarahan sebagai berikut:
Setalah diikat dengan tali pada ajir atau tonggak bambu nanti terus ditancapkan, tapi jangan sampai terbalik ya….!”

Ada juga loh teman-teman bibit biji mangrove yang seperti tutup bulpen bisa dibuka dan bisa di tutup kembali.

Nah saatnya kami masuk ke air, tetapi sandal yang kami pakai harus dilepas dulu agar tidak tenggelam dan hilang ditelah lumpur dasar pantai. Jangan lupa harus fokus mendengarkan pengarahan dari instruktur ya….. karena kalau tidak fokus bisa salah deh”

Asyik juga mainan air sambil tanam mangrove

Betapa asyiknya mainan air sambil menanam mangrove di pantai

Pantai Morosari ini terletak di desa Bedono, kecamatan Sayung Demak, Jawa Tengah. Menurut ayahku: sejak beberapa tahun lalu pantai ini oleh Pemda Demak dicoba dikembangkan menjadi tujuan Wisata Bahari dengan membuat rumah makan seafood dan berbagai macam fasilitas permainan pantai. Namun tampaknya usaha ini belum cukup menggembirakan. Mungkin pengelolaannya belum bagus sehingga tidak banyak dikunjungi masyarakat Semarang, Demak dan sekitarnya.

Mudah-mudahan dengan kunjungan kami dan juga teman-teman lain untuk membantu menghutankan kembali pantai Morosari, menjadi sedikit sumbangan untuk ikut berperan melestarikan hutan mangrove. Dan wisata seperti ini selain menyehatkan, dekat dengan alam, juga sangat mengasyikkan lho!

Mutiara Anandari (9 tahun)

Tiara

Artikel ini ditulis oleh Tiara bersama dengan ayahku – mangKoko, sebagai hasil dari pengalamanku bersama teman-teman sekolah kelas 3 di SD Cahaya Ilmu saat kami menanam mangrove di pantai Morosari. Tentu saja kami juga didampingi oleh guru-guru kami yang pintar dan baik hati.

Ditulis di: Semarang, 18 Agustus 2014
Tulisanku yang lain di blog ini silahkan kunjungi: Cerita Tiara

Salam, Tiara

 

One thought on “Menanam Mangrove di Morosari, Cerita Tiara

  1. Dunia Ely

    Keren ya mas kegiatannya, mengajarkan anak anak sejak dini mencintai lingkungannya

    mangKoko says:
    Betul mbak, untuk merangsang anak peduli pada lingkungan sekaligus berlatih berbagi cerita dalam bentuk tulisan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.