Si Nok di Junior Chef

By mangkoko : last updated 12 May 2014

Hari Sabtu dan Minggu adalah family day. Hari yang sepenuhnya untuk aktifitas dengan keluarga tercinta. Kebiasaan mamang yang asyik di kebun setiap minggu pagi, kali ini berubah. Pagi-pagi harus segera mandi dan mengantar si Nok yang akan ikut acara jadi junior chef.

Senam dulu sebelum memasak

Senam dulu sebelum memasak

Setiap hari libur bundanya si Nok memang selalu berusaha menyibukkan anak semata wayang kami ini dengan acara-acara yang fun tetapi sarat nilai edukatif, dan sebisa mungkin bersifat ekologis di luar ruang. Kalau nggak disibukkan dengan acara-acara seperti ini, biasanya si gadis kecil klas 2 SD ini akan selalu mencoba merayu :

Ayah, kita ke mall yuk ?
He he … inilah bahasa standard dia jika libur.
Tapi hari minggu ini lagi nggak ingat mall, dengan semangat 45 si Nok mau jadi Junior Chef.

Seperti tahun lalu Oak Tree Emarald, sebuah hotel berbintang 4 yang berlokasi di Papandayan Semarang atas ini menyelenggarakan kegiatan masak bersama untuk anak usia 10 tahun kebawah yang dipandu oleh chef hotel. Kegiatan yang diberi nama Junior Chef Cooking With Fun tersebut untuk tahun ini diselenggarakan pada tanggal 11, 18 dan 25 Mei 2014. Tujuan utama acara ini adalah promosi hotel bersamaan dengan Semarang Great Sale yang merupakan salah satu bagian dari hajat besar kota Semarang dalam merayakan ulang tahun yang ke 467. Tetapi jika diisi dengan acara-acara edukatif seperti ini mestinya sangat pantas diapresiasi.

Asyik membuat lumpia Semarang

Asyik membuat lumpia Semarang

Terlihat dengan asyiknya anak-anak belajar membuat lumpia isi ayam dan sayur. Kalau lumpia ikonik kota Semarang isinya adalah rebung bambu dicampur udang atau daging ayam. Dia lembarkan kulit lumpia, kemudian memberi isi, melipat dan melekatkan lipatan kulit lumpia supaya tidak pecah ketika digoreng. Memang tidak sampai harus menggoreng, karena cukup berbahaya jika dilakukan anak-anak seusia itu. Aktifitas memasaknya memang cukup sederhana, tetapi bagi anak-anak bisa menjadi kegiatan mengasyikkan dan memberi pengalaman berharga. Selama ini mereka tinggal beli dan makan saja. Sekarang mereka diajak terlibat bagaimana proses pembuatan makanan yang membuat lidah bergoyang itu.

Makanan kedua yang mereka masak adalah waffel. Mereka bersama-sama belajar bagaimana membuat adonan kue berbahan dasar tepung terigu itu. Kemudian memanggang hingga matang menjadi waffel harum yang siap disantap. Bagian paling fun bagi mereka adalah sesi menghias waffel, memberi aneka macam topping seperti madu, kismis, coklat, almont dsb. Dan hasilnya, tentu saja di foto dan dimakan bersama.

Wafel with topping by Junior Chef

Wafel with topping by Junior Chef

Siapa tahu dari acara Cooking With Fun ini kelak lahir chef-chef muda yang berbakat, yang mengharumkan nama nusantara tercinta di kancah dunia kuliner internasional.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.