Tentang mangKoko

mangkoko

Sugeng rawuh …
Wilujeng sumping …
Selamat datang … di rumah kami !

Cukup panggil saya mangKoko !

mangKoko.com adalah “eco, culture & travel blog” untuk berbagi pengalaman, informasi, atau apapun yang berhubungan dengan jalan hidup ekologis (green life), keindahan seni, & kearifan budaya.

Ekologis, tidak selalu tentang kehidupan di alam liar.

Sebuah langkah sederhana dengan membiarkan tubuh ini tidur nyenyak ketika mulai mengantuk,  beristirahat dengan nyaman ketika tubuh mulai kelelahan, maupun bersantai menikmati sejuk segarnya udara pagi. Ini sudah menjadi bagian dari sikap hidup ekologis.

Ekologis bisa berarti pula spirit dalam menjalani kehidupan sosial di lingkungan masyarakat sekitar. Saling menghormati, saling menghargai dan saling menyayangi sesama: itulah ekologis. Karena fitrah manusia adalah makhluk sosial. Ditambah dengan kesadaran untuk berperan serta menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar. Baik itu flora maupun fauna yang sama-sama menghuni planet biru ini.

Terkadang ada beberapa hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang tanpa sengaja menjauhkan kita dari sikap hidup ekologis. Misalnya: tidak mau antri, suka menyerobot lampu lalu lintas, atau tidak mau membaur dengan tetangga sekitar tempat tinggal.

Green Life

Kita sering memahami green life sebagai pola makan dan jenis makanan sehat. Yaitu dengan hanya mengkonsumsi makanan organik yang fresh baru dipanen. Yang bebas pestisida, tanpa bahan pengawet. Namun jika diselami lebih dalam, sesungguhnya green life lebih mengarah pada kepedulian akan proses. Yaitu proses yang berkesinambungan, selaras dengan alam.

Keterlibatan aktif menjaga keseimbangan di alam, sesungguhnya bisa dimulai dari rumah. Misalnya menggunakan air untuk kebutuhan sehari-hari dengan bijak, hemat pemakaian listrik, mengurangi pemakaian bahan-bahan plastik. Ini sudah sangat berarti menyokong upaya kelestarian alam.

Green life juga tentang memperlakukan tubuh kita sendiri dengan adil. Konon “tubuh kita adalah biografi dari apa yang kita makan”. Sikap kita adalah ekpresi dari apa yang kita pahami dan alami. Saat tubuh kita telah membunyikan lonceng peringatan dini … dengarkanlah ! Jangan dicuekin ! Jangan sampai loncengnya berganti dengan raungan suara sirine tanda bahaya … nguing … nguing … nguing …

Sahabat-sahabat sekalian …
Di rumah ber papan-nama: mangKoko.com ini, anda akan menemukan dokumentasi dari corat-coret dan jeprat-jepret saya di kebun, di dapur, dan di jalanan. Dibingkai dalam spirit “belajar hidup ekologis”, berguru pada alam raya yang sungguh mengagumkan ini.

Ada juga: tulisan-tulisan si Nok, anak semata wayang saya.
Dan mulai awal tahun 2016, saya mengundang sahabat-sahabat blogger untuk ikut menulis di blog ini sebagai kontributor. Ketentuan lebih detil silahkan baca di: Menulis di mangKoko Yuk!

Salam,
mangKoko (Eco & Culture Blogger)

mangKoko bisa dihubungi di : blog[dot]mangkoko[at]gmail[dot]com