Menghitung Bea Masuk Paket Dari Luar Negeri

By mangkoko : last updated 21 Jun 2017

Anda berniat membeli barang dari luar negeri? Jangan asal beli! Anda harus cermati lebih dahulu bea masuk yang akan dikenakan terhadap barang tersebut. Ada beberapa barang dikenakan pajak masuk sangat tinggi. Maksud hati ingin membeli barang dengan harga murah, ternyata jadi sangat mahal karena terkena pajak sangat tinggi.

Menghitung bea masuk dan pajak impor memang lumayan rumit. Namun ada kalkulator online untuk menghitung bea masuk paket dari luar negeri yang memudahkan kita melakukan perhitungan.

Cara menghitung bea masuk paket dari luar negeri

Cara menghitung bea masuk paket dari luar negeri (Credit image: extremetech.com)

Artikel ini adalah bagian ke 3 seri tulisan tentang belanja/lelang di Ebay.

  • Bagian pertama telah dibahas tentang cara Mengikuti Lelang di Ebay.
  • Kemudian disusul bagian ke 2 tentang cara menilai Reputasi Seller di Ebay.
  • Bagian terakhir adalah memahami perhitungan pajak yang dipungut oleh Bea Cukai (Customs Clearance) sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini perlu kita pahami karena jika asal beli tanpa tahu berapa kira-kira pajak masuk yang harus kita bayar, kita bisa terkaget-kaget, ternyata pajaknya bisa lebih besar dari harga barang yang dibeli.

Menghitung Bea Masuk

Setiap kiriman barang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, selalu melewati proses pemeriksaan di bea cukai terlebih dahulu. Bea cukai akan menghitung pajak pajak yang harus dibayar sesuai dengan jenis barang.

Ada kebijakan bebas pajak berlaku di Indonesia, yaitu jika nilai pabean barang kiriman maksimum 50 USD. Barang senilai ini dianggap sebagai gift sehingga bebas pajak. Paket akan dikirim langsung ke tujuan tanpa tambahan biaya.

Istilah nilai pabean artinya adalah : cost (harga barang) + Insurance (jika ada) + Freight (ongkos kirim). Untuk mempermudah cara perhitungan, untuk selanjutnya “nilai pabean barang” kita sebut sebagai CIF kependekan dari Cost+Insurance+Freight.

bea-cukai_customs-clearance

Alur Proses dan Cara Perhitungan :

  • Misalnya anda membeli barang seharga 45 USD, tanpa insurance dan ongkos kirimnya 15 USD maka CIF barang tersebut adalah 45 USD + 15 USD = 60 USD. Nilainya sudah lebih dari 50 USD, berarti sudah terkena pajak.
  • Jika sudah sampai di Indonesia, barang kiriman akan ditahan oleh Bea Cukai. Selanjutnya anda akan dikirimi surat pemberitahuan untuk menebusnya di kantor pos yang ditunjuk untuk menangani paket dari luar negeri. Kantor pos ini  ini biasanya ada Kantor Perwakilan Bea Cukai di dalamnya. Paket baru bisa diambil jika anda sudah melunasi pajak-pajak yang dikenakan.
  • Pajak-pajak import yang dikenakan meliputi: Bea Masuk (BM), PPN, PPH, dan PPnBM. Dengan rumus perhitungan sbb. :
    BM = (CIF – 50) * Tarif-BM
    PPN = ((CIF – 50) + BM) * 10%
    PPH = ((CIF – 50) + BM) * 7.5
    PPnBM = ((CIF – 50) + BM) * Tarif-PPnBM
  • Tarif bea masuk berbeda untuk setiap jenis barang. Yang tergolong barang mewah akan dikenakan tarif jauh lebih tinggi dibanding barang lain yang bukan kategori barang mewah. Tabel besarnya tarif bea masuk masing-masing barang bisa dilihat di www.beacukai.go.id.

Contoh Kasus:

Saya pernah menerima kiriman barang berupa beberapa cincin perak dari Thailand. CIF-nya adalah 60 USD. Perhiasan dari perak berlaku nilai: Tarif-BM=15%, Tarif-PPN=10% dan Tarif-PPnBM=40%. Dengan demikian perhitungan pajak yang harus dibayarkan adalah :

BM       = (60 – 50) * 15% = 1.5 USD
PPN     = ((60 – 50) + 1.5) * 10% = 1.15 USD
PPH     = ((60 – 50) + 1.5) * 7.5% = 0.8625 USD
PPnBM = ((60 – 50) + 1.5) * 40% = 4.6 USD

Jadi jumlah total pajak-pajak yang harus dibayarkan = BM+PPN+PPH+PPnBM = 8.1125 USD.
Jika dibandingkan dengan nilai barang (60 USD) berarti total pajak yang harus dibayar sekitar 13.5% dari nilai barang.

Kalkulator Bea Masuk Kiriman Pos dari Luar Negeri

Lebih mudahnya, anda juga bisa menghitung dengan menggunakan kalkulator bea masuk dan pajak impor Bea Cukai di:

  • http://bctemas.beacukai.go.id/kalkulator
  • http://bcjakarta.beacukai.go.id/kalkulator-bea-masuk-dan-pajak-impor.html

Pilih salah satu dari 2 kalkulator diatas. Pada kalkulator tersebut dihitung ke dalam nilai rupiah dan hasilnya dibulatkan ke atas (dalam ribuan rupiah).

Contoh hasil perhitungan, silahkan lihat pada gambar di bawah. Dengan asumsi 1 USD = Rp 10.000,- untuk tarif kiriman diatas, kalkulator tersebut memberikan hasil Rp 82.000,-

Kalkulator Bea Masuk dan Pajak Impor - Bea Cukai Tanjung Emas

Kalkulator Bea Masuk dan Pajak Impor – Bea Cukai Tanjung Emas

Kenapa sahabat sekalian harus bisa menghitung dan memahami aturan ini?
Karena jika tidak, terkadang bisa mendapat perhitungan ngawur yang nilainya fantastis. Saya pernah mengalami: sang petugas menghitung dengan mengabaikan bebas pajak 50 USD. Saya diharuskan membayar 48.675 USD, atau sekitar 81.1% dari nilai barang.

Tentu saja saya ajukan keberatan, tetapi tidak digubris. Bahkan ketika saya minta bertemu dengan kepala kantor-nya tidak membuahkan hasil. Mereka kekeuh bahwa cara menghitung mereka sudah benar. Padahal sudah terang benderang ada regulasi bebas pajak dengan batasan 50 USD.

Jurus sakti-pun akhirnya saya gunakan. Yaitu minta tolong seorang teman yang bekerja di Bea Cukai. Dia membenarkan bahwa memang ada aturan bebas pajak 50 USD tersebut. Keesokan harinya barang kiriman bisa ditebus dengan pajak wajar sesuai dengan aturan yang berlaku. Plong rasanya …

Proses perhitungan diatas memang terkesan rumit.Sehingga sering menyurutkan niat kita untuk melakukannya. Tetapi jika memang ingin ikut lelang di Ebay atau membeli barang online dari luar negeri, lakukan pedoman praktis berikut :

  1. Pilih barang + ongkos kirim (CIF) nominal dibawah 50 USD
  2. Hindari barang-barang yang masuk kategori barang mewah, seperti batu mulia, mutiara, perhiasan emas atau perak dll. barang berkategori barang mewah, karena PPnBM-nya tinggi.
  3. Ongkos kirim termurah adalah menggunakan pos internasional, namun anda harus lebih sabar menunggu kiriman datang. Biasanya membutuhkan waktu 3 – 5 minggu.

Demikian akhir seri artikel tentang lelang di Ebay. Mudah-mudahan bermanfaat bagi sahabat sekalian.
Happy shopping …
Dan tetap teliti dan hati-hati sebelum membeli ya!


Catatan update:

  • Sejak tanggal 8 Juni 2015 berlaku peraturan baru yang membebaskan PPnBM beberapa kategori barang mewah. Termasuk logam mulia, tas branded, wewangian dan lain-lain. Informasi lebih detil silahkan baca di: Inilah Barang Mewah Yang Dihapus Pajaknya.
  • Berdasar pengumuman/sosialisasi peraturan baru PMK 182/PMK.04/2016 yang dikeluarkan tgl. 14 Desember 2016, nilai bebas pajak kiriman dari luar negeri yang semula USD 50 berubah menjadi USD 100.

 

Ada sesuatu yang ingin ditanyakan?
Silahkan untuk membaca: FAQ Kiriman Paket Dari Luar Negeri terlebih dahulu, yang berisi rangkuman tanya-jawab yang telah sering ditanyakan sebelumnya. Bisa jadi pertanyaan anda telah ada jawabannya di sana.


Share :

365 thoughts on “Menghitung Bea Masuk Paket Dari Luar Negeri

  1. dewi

    mang,baru aja aku dapet paket dari aliexpress dan terkejut banget karena ongkosnya 20ribu! padahal total nila barang dibawah 200ribu,biasanya 3300 per item. bahkan beli jaket yg 300ribuan aja cuma 3300. emang sih yang anterin bukan pak pos yang biasanya, yg ini dua orang , sayangnya saya lagi gak ada dirumah yang terima bukan saya. barangnya sendiri juga merupakan barang sepele aksesoris kalung yg bkn barang mewah. sebelumnya juga jenis yang sama mentok 3300-5 ribu.

    sekarang lagi nunggu paket lainnya,apa ini permainan kurir pos? kalo sama pak pos yang biasanya tanda tangan dikertas bagian depan, ini yang terima katanya tanda tangan dibagian belakang. apakah mungkin besok kalo si kurir ngirim lagi saya ngeyel ? soalnya kalo dibiarin pasti besok minta segitu lagi, besok saya mau tanyain namanya kalo bkn pakpos yg biasanya. kalo minta banyak laporin saber pungli wkwkkw

    mangKoko says:
    Keren mbak Dewi …
    🙂

    Reply
  2. rian

    gan mau nanya kalo “Import fees deposit” dari amazon.co.jp bila kita belanja barang yg dibawah us $100 itu dikembalikan otomatis atau harus kita lapor lagi ya??

    mangKoko says:
    Mas Rian, sampai sekarang saya belum pernah belanja di Amazon.
    Adalah sahabat lain yang bisa berbagi informasi untuk mas Rian?

    Reply
  3. Fandy

    perhitungan batasan kena pajak (minimal $50) sebenarnya berdasar FOB atau CIF?
    karena di (http://www.kanal.web.id/2016/10/menghitung-bea-masuk-dan-pajak-untuk.html)
    perhitungan BATASAN-nya berdasarkan FOB (harga barang), bukan berdasar CIF (harga barang + ongkos kirim)
    Apabila FOBnya melebihi 50 USD, maka sebagai bahan perhitungan pajaknya memakai nilai CIF

    Misal barang harganya 45 USD, maka tidak dikenakan bea/pajak masuk,
    walaupun biaya kirimnya sebesar 68 USD.

    Perhitungan ini menjadi berbeda jika harga barangnya 55 USD, maka
    pasti dikenakan pajak masuk sebesar : 55 USD sbg harga barang +
    asuransi + 68 USD sbg biaya kirimnya dan dikurangi 50 USD sbg nilai
    bebas biaya masuk

    mangKoko says:
    Terima kasih mas Fandy atas tambahan informasinya yang lebih detil (Y)

    Reply
  4. OFamni

    Mang, Bagaimana apabila paket itu mencakup beberapa barang yang berbeda dan lebih dari satu, tapi dengan ongkir yang sama?

    mangKoko says:
    Hmmm … terus terang mangKoko nggak tahu cara mengitung yang dilakukan oleh petugas bea cukai jika ada beberapa barang dan masing-masing berbeda bea masuk importnya.
    Adakah sahabat lain yang mau berbagi informasi?

    Reply
  5. Anton

    Halo saya ingin bertanya juga. Saya mau beli barang di Ebay dari China. Barang berupa action figure (mainan). Yang jadi pertanyaan saya, barang yang mau saya beli ini adalah barang kw yang harganya di bawah $100, tapi untuk arang originalnya di atas $100. Nah kalau petugas bea cukai cek harga di internet apa saya bakal kena biaya pajak dan bea cukai.? Atau petugas bea cukai akan cek invoice ebay saya.? Terima kasih.

    mangKoko says:
    Biasanya sih, akan cek informasi nilai barang yang tertera di dokumen pengiriman paket

    Reply
  6. Adrian Aryaputra

    Kalau kita mendapatkan hadiah atau giveaway dari luar negeri udah gitu dikirim ke Indonesia apakah kita bisa kena pajak?

    mangKoko says:
    Bisa kena pajak mas Adrian. karena memang tidak dibedakan membeli atau dapat hadiah

    Reply
  7. Kihime

    Gan mau nanya jadi kalao total saya dibawah 50 dolar gaada pajak sama sekali kan ? atau musti keluarkan uang lagi? dan langsung dikirim ke alamat saya barangnya?

    mangKoko says:
    Biasanya sih lancar sampai ke rumah, tak kena pajak.

    Reply
  8. Dinta

    Hallo Mangkoko! Infonya bermanfaat banget. Thanks a lot!

    Mau mastiin lagi aja ni ko, aku mau beli barang di situs nya NBA seharga 49.88 USD. Kemudian ongkirnya 24.99 USD. total nya sekitar 80 USD ya ko. Berarti itu belum kena pajak kan ya? Makasih ko, semoga dibalas

    mangKoko says:
    Dikonfirmasi ke penjual saja mbak! Apakah itu sudah termasuk pajak.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.