Pesona Keindahan Telaga Warna Dieng

By BAS : last updated 06 Jun 2016

Telaga Warna terletak di ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Obyek wisata ini sudah sangat terkenal di Dieng dan merupakan salah satu telaga terluas di kawasan tersebut. Dinamakan Telaga Warna karena danau ini bisa berubah warna.

Beberapa warna yang kadang muncul adalah biru, hijau tosca, hingga putih, namun Telaga Warna lebih sering memunculkan warna hijau tosca, fenomena ini disebabkan karena kandungan belerang didalam danau yang menjadikan warna berubah apabila terkena sinar matahari.

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna terletak di Wonosobo. Jika kita membahas mengenai tempat wisata di Kabupaten satu ini pasti tak lepas dari Dataran Tinggi Dieng, ada banyak sekali objek wisata di Dataran Tinggi Dieng yang wajib dikunjungi, mulai dari Kawah Sikidang, Sumur Jalatunda, Bukit Sikunir dan Telaga Warna.

Telaga Warna memang memiliki pemandangan yang sangat indah, terlebih jika kita datang disaat musim hujan, jadi debit air di telag cukup banyak, namun jika kata datang di saat musim kemarau maka debit air di telaga akan sedikit mengurang. Dari Telaga Warna kita bisa melihat pegunungan di Gunung Prau yang terlihat mengelilingi objek wisata ini, selain Gunung Prau, Dataran Tinggi Dieng juga dikelilingi oleh gunung kembar Sumbing Sindoro.

Dengan membayar tiket tak lebih dari Rp. 10.000 kita sudah bisa melihat keindahan telaga warna, ternyata bukan hanya telaga warna saja yang bisa kita nikmati keindahannya, tepat disamping telaga warna terdapat sebuah telaga lagi bernama telaga Pengilon.

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon

Berbeda dengan Telaga Warna, Telaga Pengilon tidak mengandung belerang jadi warna air tidak akan berubah, kedua telaga ini memiliki luas yang hampir sama, tepat di tengah-tengah antara kedua telaga kita juga bisa melihat goa-goa menarik seperti goa semar, goa sumur dan goa jaran.

Batu Ratapan Angin

Jika Anda ingin melihat pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari sudut pandang berbeda, maka cobalah naik keatas, tepat setelah masuk dari gerbang akan terdapat papan petunjung menuju Batu Ratapan Angin.

Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di sebuah dataran dimana terdapat banyak sekali tebing-tebing, namun untuk memasuki kawasan tersebut kita akan ditarik retribusi seikhlasnya, sesampainya di lokasi cobalah naik ke salah satu tebing atau bukit tadi, dari situ Anda bisa melihat pemandangan keseluruhan Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang terlihat sangat indah.

Di Batu Ratapan Angin

Di Batu Ratapan Angin

Dinamakan Batu Ratapan Angin karena dari sini kita bisa melihat seluruh kawasan Telaga Warna, menikmati pemandangan alam indah dengan angin sepoy-spoy menjadikan area ini sebagai tempat favorit untuk kalangan muda.

Objek wisata satu ini merupakan objek wisata pertama yang akan kita jumpai saat memasuki kawasan wisata Dieng, tepat di depan gerbang Telaga Warna, yaitu di area parkir terdapat banyak sekali warung yang menawarkan makanan khas Dieng, yaitu Mie Ongklong yang memiliki cita rasa sangat nikmat.

Waktu Berkunjung ke Telaga Warna

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Telaga Warna adalah saat hari biasa, atau bukan saat hari libur. Karena biasanya saat hari libur akan ada banyak sekali pengunjung yang menjadikan kita kurang nyaman untuk berkeliling, berfoto, atau mengeksplorasi keindahannya. Namun jika terpaksa berkunjung di hari libur maka usahakan datang di pagi hari, karena saat sore kabut akan turun dan menjadikan pemandangan mata kita terbatas.

Untuk menuju ke Telaga Warna juga cukup mudah, ikuti saja jalan menuju ke Basecamp Patak Banteng Gunung Prau, setelah menemukan Basecamp Patak Banteng, tinggal lurus saja mengikuti jalan hingga sampai di gerbang masuk Kawasan Wisata Dieng, namun yang perlu diingat adalah jalan menuju ke tempat tujuan adalah jalan naik turun dan berkelok-kelok, jadi pastikan kendaraan Anda dalam keadaan baik.



Penulis tamu (kontributor): Bayu Aji Saputro

Seorang anak muda yang hobi jalan-jalan, untuk menjadikan diri lebih baik.


 


Share :

2 thoughts on “Pesona Keindahan Telaga Warna Dieng

  1. Alwib

    pengen maen ke telaga warna dieng..tapi waktunya gak sempet mulu..
    instagramable banget tempatnya ya..

    Reply
    1. bayu

      iya, bagus banget kalo dateng pas musim hujan, jadi airnya bisa penuh

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.