Menikmati Sate Kere di Semarang

By mangkoko : last updated 09 May 2017

Kini sate kere bisa dinikmati di Semarang. Bagi anda warga kota semarang tak lagi harus ke Solo atau ke Jogja untuk menikmati jenis sate yang eksotis ini. Ada sebuah resto di daerah Mugas, letaknya tak jauh dari Simpang Lima Semarang: menyediakan menu sate kere. Namanya adalah Resto Dapur Sapi, beralamat di Jl. Pandanaran II No. 10 Semarang.

Sate kere ala Semarang

Sate kere tersedia di resto ini tersedia mulai jam 14:00 WIB. dengan harga murah meriah, hanya Rp 1.500,- per tusuk. Jika pengin mencicipinya jangan sampai terlambat ya! Saya pernah gigit jari – kehabisan, padahal sampai ke sana masih jam 4 sore.

Apa sih sate kere itu?

 

Sesuai dengan namanya sate kere adalah alternatif murah (kere: miskin – tak berduit) dari sate pada umumnya yang biasanya berbahan baku daging: kambing, sapi atau ayam. Sedangkan sate kere bahnnya dari tempe kedelai, tempe gembus, dan ada pula jeroan sapi.

Sate kere dikenal sebagai makanan khas dari Solo. Namun di Jogja banyak pula ditemukan. Paling mudah biasanya tersedia di warung-warung angkringan yang tersebar di berbagai penjuru kota Solo dan Jogja.

Sate kere – tempe kedelai dan tempe gembus

Salah satu penjual sate kere di Jogja yang paling terkenal adalah yang berada di pasar Beringharjo.

Bumbu dan cara memasak sate kere sesungguhnya tak jauh berbeda dengan sate daging ayam, kambing maupun sapi. Yang membedakan hanya bahan bakunya saja.

Bagi anda yang menyukai jenis masakan vegetarian, sate kere yang terbuat dari tempe kedelai dan tempe gembus adalah pilihan menarik untuk dicoba. Rasanya sungguh enak, tak kalah nikmat dengan sate daging. Apa lagi dengan harganya yang sangat ramah di kantong.


Share :

2 thoughts on “Menikmati Sate Kere di Semarang

  1. winarno

    Dari namanya memang tak bonafid. Tapi makanan itu soal rasa. Dan yang di Beringharjo itu sate kernya memang yummy…

    mangKoko says:
    Betul mas Winarno
    Rasa itu tergangtung lidah, dan lidah itu sangat dipengaruhi oleh budaya 🙂

    Reply
  2. falahalfal

    wah jadi ngiler juga ngeliatnya.., bentuk satenya lumayan unik juga ya..

    mangKoko says:
    Hallo mas Falahalfal … 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.